Pages

Kamis, 19 Desember 2013

Misteri Rambut Rontok di Toilet Kampus


Sore itu, kamis sekitar jam 6 maghrib sesudah kuliah sore, terasa ada panggilan alam yang memaksaku untuk segera menuntaskan hasrat yang satu ini di toilet. Ya..buang air kecil.. tepat sekali. Dan berhubung toilet wanita kejauhan, jadi kupilih masuk ke toilet pria di lantai satu gedung utara. Toilet kampus ini emang terkenal lumayan bersih dibandingin toilet-toilet umum lainnya di Indonesia yang sering kalian lihat. Cleaning service disini rutin bersih-bersih tiap hari, sampai-sampai toiletnya justru lebih wangi daripada mas clening servicenya sendiri. Bahkan kalau kalian masuk akan langsung tercium aroma kopi di dalamnya. Ini toilet apa kafe. Aku cuma bisa berharap suatu saat bakal ada aroma lain yang lebih enak kayak cappuchino atau cola.

Kampus makin sepi, malam jumat pula. Kususuri lorong depan toilet, kubuka pintunya dan ternyata cuma aku sendirian di dalam toilet. Gak ada orang boker, orang pipis maupun orang yang merapikan model rambutnya dalam toilet. Kupilih toilet berdiri (urinoir) yang paling dekat pintu masuk, dan akupun terkejut dengan apa yang kulihat disitu. Banyak helai rambut rontok tak berdosa berceceran begitu saja di sekitarnya. Sungguh tak berperikemanusiaan orang yang meninggalkannya.


Rambut apakah ini? Timbul pertanyaan...


Naluri intelijenku pun tiba-tiba memunculkan pertayaan:

Rumusan Masalah:

1. Rambut apakah ini?
2. Siapa orang yang mencecerkannya?
3. Apakah dilakukan dengan sengaja?
4. Apa yang orang tersebut habis lakukan disitu?
5. Kenapa harus terjadi di malam jumat?


Latar Belakang:

Toilet bersih adalah cermin kepribadian diri kita. Toilet yang kotor menunjukkan bagaimana sikap buruk perilaku kita dalam hal menjaga kebersihan. Toilet yang penuh rambut rontok berserakan menandakan kurangnya kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan rambut. Dengan penyelidikan ini penulis berharap tidak ada lagi kejadian serupa yang terjadi, baik di toilet pria, wanita, maupun yang setengah-setengah.


Landasan Teori dan Pembahasan:

Ada dua kemungkinan yang orang lakukan di toilet. Yaitu buang air besar dan air kecil. Maka dalam hal ini, air ada dua macam: yaitu air besar dan air kecil. Entah kenapa dinamakan air besar walaupun bentuknya tidak nampak seperti air sama sekali. Dari aroma di sekelilingnya maka penulis menyimpulkan pelaku tersebut sehabis buang air kecil. Sungguh ironis, ia malah buang-buang air disaat saudara-saudara kita di pelosok daerah lainnya masih kekurangan air.

Dari tekstur, warna, bentuk dan rasa rambut tersebut, ada kemungkinan besar pelaku adalah mahasiswa pribumi. Ini terlihat dari warna rambutnya yang hitam, tidak pirang maupun kemerah-merahan. Juga warnanya yang masih hitam pekat belum beruban, maka dapat disimpulkan pelaku kemungkinan besar adalah pemuda (mahasiswa). Bentuk rambutnya yang ikal dan bergelombang juga menujukkan kemungkinan pelaku adalah orang yang malas keramas. Tercecernya rambut diluar dinding kaca penghalau cipratan toilet tersebut menandakan pelaku adalah seorang anak gaul ibukota yang terbiasa membuka celana jauh-jauh waktu sebelum sampai di depan toilet. Dan dari bau yang tertinggal, dapat diperkirakan pelaku sedang dalam keadaan yang sangat kebelet hingga rasanya seperti sudah di ujung tanduk.

Kenapa terjadi di malam jumat? Karena nunggu malam tahun baru kelamaan. Apalagi pada saat malam tahun baru, kampus sudah pasti tutup. Petugas cleaning service dan petugas yang membawa kunci toilet juga pasti sedang liburan taun baru sambil niup terompet masing-masing. Dosen libur, dekan libur, akademik libur, pak rektor pun libur. Mahasiswanya aja yang belum libur. Dari bukti-bukti yang ada, disinyalir pelaku beraksi sendiri tanpa komplotan dengan niat terencana.

Pertanyaan yang belum, terjawab. Rambut apakah ini? Karena ukurannya yang tidak terlalu panjang, sempat terlintas kemungkinan bahwa itu adalah bulu dada, namun masih perlu penyelidikan lebih dalam lagi untuk bisa menjawab pertanyaan yang satu ini. Ini masih menjadi sebuah misteri.


Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan:
Dari penyelidikan di atas, walau telah belum kita ketahui secara pasti rambut apakah itu, dapat kita tarik kesimpulan bahwa betapa pentingnya cebok setelah buang air, baik itu air kecil, besar maupun sedang. Selain itu, dapat kita simpulkan bahwa betapa pentingnya menjaga kesehatan rambut baik pria maupun wanita, terlebih bagi wanita, rambut ibarat mahkota. Juga dengan ini semoga toilet-toilet bersih di Indonesia semakin diperbanyak.

Saran:
Agar tidak terjadi lagi hal-hal yang mereka inginkan, sebaiknya perlu ditambahkan beberapa kamera CCTV di setiap sudut toilet yang ada di seluruh kampus. Ini akan meminimalisir terjadinya hal serupa kembali terjadi.



Toilet Bersih, Cermin Hidup Sehat


0 komentar:

Posting Komentar